Bangun Masa Depan dengan Kebaikan Hari Ini


Ada banyak orang senang sekali bicara impian, bahkan tidak sedikit yang begitu yakin dengan janji masa depan dari seseorang, tanpa lagi menggunakan rasionalitasnya secara kritis.

Akibatnya, tanpa sadar tidak sedikit orang melupakan hari ini. Melupakan tanggungjawab hari ini sebagai pemangku kebijakan strategis suatu negeri. Melupakan kewajiban penting hari ini sebagai pelajar. Bukan banyak belajar, tapi yakin dengan janji dari kolega orang tua yang akan menyiapkan kedudukan.

Kondisi tersebut sebenarnya bisa dikategorikan sebagai tragedi akal sehat. Dimana manusia rela menggadaikan hari ini untuk esok yang belum pasti.

Sejauh ketidakpastian esok itu tak harus melucuti integritas dalam diri, tak melemahkan kedisiplinan yang seharusnya tegak di dalam diri, maka itu adalah perjuangan. Tetapi, ketika diri percaya dan yakin bahwa esok akan lebih baik dengan mengabaikan (tanggungjawab) hari ini, maka sungguh ini adalah kebodohan.

Apabila Anda seorang ketua RT dan mendapat janji kelak akan menjadi ketua RW maka jangan terima, jika hal itu membuat Anda hilang kepekaan sebagai pemimpin di tingkat RT. Buat apa jadi RW jika selama jadi RT tak mampu berintegritas di dalam tugasnya.

Sesekali kita memang mesti berpikir radikal. Bahwa manusia lahir dan hadir di dunia ini bukan untuk materi, melainkan menanamkan dan mewariskan kebaikan. Jika selanjutnya, saat dewasa, ketika kemampuan berpikir telah Tuhan berikan lantas materi yang menjadi tujuan hidup, saat itulah impian hanya akan menjadi angan-angan.

Oleh karena itu, bebaskan diri kita dari angan-angan atau impian yang salah. Solusinya sederhana, lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan hari ini. Insya Allah itu lebih memantappkan siapapun mencapai masa depan lebih baik, daripada berpikri negatif, bertindak salah, lantas mendambakan kebaikan masa depan.

Bogor, 11 Jumadil Awwal 1440 H
Imam Nawawi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s